Indonesia

Warganet Harus Bersatu Lawan Hoax Demi Terwujudnya Pemilu 2019 yang Damai dan Bermartabat

Oleh: Muhammad Rianto*

Akhir-akhir ini banyak muncul informasi dan berita palsu atau lebih dikenal dengan istilah hoax di dunia maya yang dimunculkan oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab dan memiliki kepentingan tertentu.

Jika tidak berhati-hati, maka kita pun akan dengan mudah termakan tipuan hoax tersebut bahkan ikut menyebarkan informasi palsu, yang mana tentunya sangat merugikan bagi pihak korban fitnah. Terlebih lagi menjelang pesta demokrasi yang akan dilaksanakan bulan depan.

Jika kita tidak bersatu dalam melawan berita palsu atau hoax, kemungkinan pemilu 2019 ini tidak akan berjalan dengan berkualitas dan bermartabat. Tentunya kita tidak menginginkan jika pesta demokrasi yang dihelat selama lima tahun sekali ini berjalan dengan tidak kondusif. Maka dari itu, kita sebagai generasi Millenial yang merupakan generasi penerus negeri ini harus bersatu dalam memerangi penyebaran informasi bohong di dunia maya.

Jika kita tidak turun tangan dan membantu pemerintah dalam memerangi berita hoax, ditakutkan nantinya negeri ini akan dipimpin oleh sosok pemimpin yang tidak tidak mengedepankan kepentingan rakyatnya dan tidak menepati janji-janjinya. Rakyat akan sengsara jika dipimpin oleh pihak-pihak yang hanya mengejar ambisi kekuasaan dengan melegalkan segala cara seperti menyebarkan hoax.

Ketika kita telah bersatu untuk melawan berita hoax yang tersebar di dalam gadget yang ada di genggaman kita, kita bisa mewujudkan pemilu 2019 yang adil, jujur, dan bermartabat.

Suara rakyat yang akan menentukan nasib bangsa untuk lima tahun kedepan. Jangan memilih atas dasar ‘HOAX’. Oleh sebab itu, kita harus bersatu untuk melawan hoax. Dengan demikian proses keberlanjutan kepemimpinan nasional akan berjalan dengan baik dan bijaksana demi terjaminnya keberlanjutan pembangunan nasional menuju Indonesia yang lebih maju dan baik.

(red)

*Warga Tegaldowo Rembang, Jateng

Leave a Response