Indonesia

Survei SSC: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Tetap Unggul Di Jatim

JAKARTA – Lembaga Surabaya Survei Centre (SSC) merilis hasil survei terbarunya jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang menunjukkan bahwa di wilayah Jawa Timur (Jatim), elektabilitas atau tingkat keterpilihan pasangan Jokowi-Ma’ruf sebesar 55,9% jauh lebih unggul dari pasangan Prabowo-Sandi yang hanya 32,1%.

Dari 1.070 responden yang ditanyai tentang sisi popularitas dan akseptabilitas keempat kontestan tersebut, didapat hasil bahwa Jokowi juga masih lebih unggul dari Prabowo. Jokowi meraih 97,7% untuk popularitas dan 89,2% untuk akseptabilitas, sedangkan Prabowo mendapat 94,5% untuk popularitas dan 75,5% untuk akseptabilitas.

Sementara itu, Cawapres KH Ma’ruf Amin mendapat 72,2% untuk popularitas dan 60,8% untuk akseptabilitas, sedangkan Sandiaga Uno mendapat 71,6% untuk popularitas dan 62,8% untuk akseptabilitas.

Survei SSC dilakukan pada 10 sampai 20 Desember 2018 di 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur dengan jumlah responden mencapai 1.070 dari seluruh Jawa Timur.  Survei dilakukan dengan teknik stratified multistage random sampling, tingkat kepercayaan survei mencapai 95 persen dangan margin of error sebesar 3 persen.

Direktur SSC, Mochtar W. Oetomo mengungkapkan dengan hasil tersebut maka pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dipastikan menang di Jawa Timur jika Pemilihan Presiden (Pilpres) dilakukan saat ini. Namun, meskipun berhasil memimpin kontestasi dengan jarak yang cukup jauh, Timses Jokowi-Ma’ruf tidak boleh terlena dan merasa cepat puas, serta perlu mengantisipasi perolehan suara dari 12% undiceded voters. (dewmcf)

Leave a Response