Mutiara

Presiden Jokowi Sebut Persatuan, Kesatuan & Nasionalisme Aset Terbesar Bangsa

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam acara Harmoni Indonesia di Plaza Timur GBK, Jakarta, Minggu (5/8)

INIBENAR.COM, JAKARTA – Semangat persatuan adalah aset terbesar bangsa dan negara yang harus terus dijaga. Penegasan ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Harmoni Indonesia 2018 di Plaza Timur, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (5/8).

“Kita semangati semuanya agar kita sadar, agar kita paham bahwa persatuan dan kerukunan, nasionalisme adalah aset terbesar bangsa kita,” kata Presiden.

Harmoni Indonesia 2018 menyelenggarakan acara harmoni musik melantunkan lagu-lagu nasional. Warna-warni pakaian adat busana nasional serta pakaian religius pun turut menghiasi panggung acara, memamerkan kekayaan ragam budaya bangsa.

Masyarakat antusias menyambut kehadiran Presiden Jokowi yang bergaya kasual dengan mengenakan kaos polo lengan panjang berwarna putih dan bercelana jeans biru tua.

Presiden menyapa seluruh masyarakat Indonesia baik yang hadir maupun mereka yang menyaksikan melalui televisi. “Selamat pagi semuanya. Merdeka, merdeka, merdeka! Saya ke sana, ya?” kata Jokowi yang kemudian turun dari podium dan menyalami pengunjung yang juga menyaksikan acara bernyanyi bersama itu.

Presiden turut bersenandung bersama peserta dengan didampingi oleh Addie MS sebagai dirigen orkestrasi. Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat negara.

Lagu-lagu nasional, seperti Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa, Garuda Pancasila, Bagimu Negeri, serta Rayuan Pulau Kelapa dinyanyikan oleh peserta yang terdiri atas beberapa mahasiswa dari 34 perguruan tinggi negeri dan swasta dari sejumlah provinsi di Indonesia, serta para perwakilan mahasiswa yang sedang melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Leave a Response