Indonesia

Presiden Jokowi Ingin Papua Tetap Sebagai Tuan Rumah PON 2020

JAKARTA – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman menegaskan bahwa Pekan Olahraga Nasional atau PON XX 2020 tetap digelar di Papua dan KONI akan berupaya pelaksanaannya berjalan sesuai dengan rencana.

“PON XX tetap dilaksanakan pada Oktober 2020. Apapun resikonya dan bagaimana nanti pelaksanaannya, tetap berjalan sesuai ketentuan semula,” kata Marciano¬†saat pembukaan Rapat Koordinasi Kaukus KONI Provinsi Se Indonesia di Hotel Niagara, Parapat, Simalungun, Jumat (20/9/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Marciano menjelaskan berbagai upaya yang telah dilakukan KONI Pusat dipimpin Wakil Ketua I Mayjen (Purn) Soewarno agar PON 2020 bisa berlangsung sesuai ketetapan semula.

Marciano mengungkapkan bahwa permintaan tuan rumah PON XX Papua agar pelaksanaan diundur tidak disetujui dan ditolak oleh Presiden Jokowi.

“Usulan Papua agar PON XX diundur pelaksanaannya menjadi tahun 2021, sudah ditolak Presiden RI,” jelasnya.

Rakor berlangsung pada 20-22 September 2019 dihadiri hampir semua KONI Provinsi Se Indonesia. Rakor dibuka Gubernur Sumut yang diwakili Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian. Marciano mengharapkan Rakor Kaukus KONI Provinsi Se-Indonesia dapat menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat untuk kemajuan persiapan PON 2020 dan 2024.

Sikap Presiden Jokowi untuk tetap pertahankan Papua sebagai tuan rumah PON XX dan menginginkan agar pelaksanaanya berlangsung sesuai rencana, adalah komitmen dalam memajukan olah raga dan untuk memperkenalkan Papua kepada masyarakat luas di dalam negeri. (aq/mcf)

Leave a Response