Kabar

Hanya di Jaman Jokowi, Atlet Disabilitas Rebut 37 Medali Emas

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan Hari Disabilitas Internasional 2018 di Lapangan Parkir Summarecon, Bekasi, Jawa Barat. Ia mengawali sambutannya dengan menyapa para undangan dengan bahasa isyarat.

“Saya cinta bapak ibu dan saudara-saudara sekalian. Kalau salah dimaafkan, karena baru belajar, baru saja tadi pagi,” kata Jokowi sembari menggerakkan kedua tangannya, Senin (3/12).

Jokowi selanjutnya memuji torehan dan prestasi para penyandang disabilitas. Salah satunya saat perhelatan Asian Para Games yang dapat merebut 37 medali emas dan menempati peringkat kelima.
“Asian Para Games yang lalu masuk dalam kategori yang sangat sukses, karena dari sisi prestasi, atlet kita mampu merebut 37 medali emas dan masuk peringkat kelima. Sebelumnya 2014 kita hanya diperingat 9 dengan 9 medali emas,” ucapnya.

Dia menjabarkan bahwa tak ada perbedaan bonus untuk atlet Asian Games dengan Asian Para Games. Atlet peraih medali emas diberikan hadiah Rp 1,5 miliar, peraih perak Rp 500 juta, dan peraih perunggu Rp 250 juta.

Namun selain olah raga, Jokowi menjabarkan prestasi lainnya yang diraih penyandang disabilitas. Seperti Krisnawati Utami yang menjadi Duta Komite Penyandang Disabilitas PBB Tahun 2018, Siti Aisyah yang sukses berbisnis online, hingga Sinta Utami peraih rekor muri keliling Indonesia menggunakan sepeda motor.
Selain itu ada uga Fahmi Husain mahasiswa difabel peraih penghargaan di bidang teknologi.

“Kemudian Surya Sahetapy, sekarang sudah di Amerika, ini penggerak komunitas handituli. Saya sudah ketemu dua kali, ini yang ngajari saya kalau tadi (bahasa isyarat), itu dia,” ujarnya.

Menurutnya, prestasi-prestasi penyandang disabilitas itu harus diangkat. Tak lain adalah sebagai contoh agar penyandang disabilitas dapat termotivasi untuk berprestasi.

“Agar yang lain juga mengikuti dan mempunyai semangat yang sama dan mereka ini yang saya sebutkan tadi dan juga yang hadir di sini di depan adalah sumber inspirasi bagi kita semuanya seluruh warga negara Indonesia,” ujar Jokowi.

Dalam acara ini, Jokowi tampak didampingi Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Seskab Pramono Anung, Menaker Hanif Dhakiri, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Tak hanya awal sambutan, Jokowi juga mengakhirinya dengan bahasa isyarat. “Aku cinta Indonesia,” tutur Jokowi sembari menggerakkan kedua tangannya.

Leave a Response