Indonesia

Gunakan Bahasa Isyarat Saat Asian Para Games, Bukti Kepedulian Jokowi Terhadap Kaum Disabilitas

JAKARTA – Komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendorong pemerintah daerah di provinsi, kota, dan kabupaten agar membangun fasilitas publik yang ramah terhadap disabilitas diapresisasi banyak pihak.

Pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah menilai komitmen Presiden Jokowi untuk mendorong pemerintah daerah di provinsi, kota, dan kabupaten agar membangun fasilitas publik yang ramah terhadap disabilitas.

Event Asian Para Games 2018, melalui aksi pidato menggunakan bahasa isyarat menjadi titik balik perhatian sekaligus penataan berbagai kebutuhan kaum disabilitas. Apalagi, kaum disabilitas ternyata memberikan prestasi di Asian Para Games 2018 dan mampu mengharumkan nama bangsa. Hal tersebut terjadi di pemerintahan Jokowi, karena pada era sebelumnya kurang mendapat perhatian dan seperti termajinalkan.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily mengatakan bahwa komitmen Jokowi terhadap kaum disabilitas juga bisa dilihat dari visi misi untuk pemerintahan mendatang, yakni memberikan perlindungan bagi kaum difabel termasuk memperluas lingkungan sosial dan memberikan pendidikan yang ekslusif. Serta memberikan fasilitas yang ramah pada difabel di fasilitas umum dan transportasi.

Sangat peduli dengan kaum disabilitas, Presiden Jokowi menyampaikan akan mendorong pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas dengan meminta Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah memberikan pendampingan kepada penyandang disabilitas agar bisa berwirausaha dan mendirikan badan usaha sehingga mereka mendapatkan peluang untuk maju, meningkatkan
kesejahteraan diri dan keluarganya.

Perhatian Jokowi terhadap kaum disabilitas disambut baik oleh masyarakat luas termasuk para netizen. Tagar #DukungFasilitasDisabilitas pun menjadi trending topic di dunia maya. Menurut Jokowi, disability bukan halangan bagi kita untuk maju, tetapi harus menjadi ability dalam meraih prestasi. (dewemcf)

Leave a Response