Kabar

Abisai Rollo Tegaskan Benny Wenda Tak Punya Hak Atur Tanah Papua

JAKARTA – Ketua DPRD Jayapura Abisai Rollo meminta dengan tegas Benny Wenda untuk tidak ikut campur masalah kedaulatan Republik Indonesia. Terlebih Benny saat ini merupakan warga negara Swiss.

“Beliau mungkin sekarang, dari media dikatakan beliau WN Swiss sehingga beliau tidak punya hak untuk mengatur NKRI dan tidak punya hak untuk mengatur tanah Papua karena tanah Papua bagian dari NKRI,” kata Abisai di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019).

Abisai merupakan salah satu perwakilan yang diundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana hari ini. Abisai menegaskan bahwa NKRI sudah final.

“Saya asli Kota Jayapura, dan kita Indonesia. Kita NKRI harga mati,” ujar Abisai.

Keterlibatan Benny di rusuh-rusuh Papua telah dijelaskan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Benny sengaja mendalangi rusuh Papua dengan harapan isu itu bisa diangkat di forum Komisi Tinggi Hak Asasi Manusia PBB (OHCHR) dan Sidang Majelis Umum PBB pada 23 dan 24 September.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyampaikan, Benny kehilangan kewarganegaraannya karena suda lima tahun berada di negara lain tanpa melapor ke otoritas Indonesia.

Benny kini ada di Oxford, Inggris. Wiranto mengatakan Benny Wenda kini mendapat permanent resident dari pemerintah Inggris. Benny jadi warga kehormatan Kota Oxford.

“Saat ini mendapatkan permanent resident dari pemerintah Inggris dan diangkat jadi warga kehormatan Kota Oxford, bukan kehormatan Kerajaan Inggris ya, tapi kehormatan dari Kota Oxford,” kata Wiranto dalam jumpa pers di gedung Kemenko Polhukam, Kamis (5/9).

Leave a Response