Indonesia

78.656 Kapal Indonesia 7 GT Ke Atas Sudah Bersertifikat

Jakarta – Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, R. Agus H. Purnomo mengatakan bahwa  seluruh sertifikasi pelaut dan kapal di bawah 7 GT terus berjalan dan mengalami peningkatan, serta ditargetkan selesai pada tahun 2019. Sementara inventarisasi sertifikasi Pelaut di seluruh Indonesia dijadwalkan selesai pada akhir tahun 2019.

Data Ditjen Hubla mencatat, per 20 November 2018, jumlah pelaut tradisional atau nelayan di Pulau Jawa sebanyak 22.363 orang dengan rincian sebanyak 1.551 orang sudah disertifikasi dan 20.812 orang lainnya belum disertifikasi. Sementara itu, kapal berbendera Indonesia dengan berat lebih dari 7 GT di seluruh Indonesia berjumlah 78.656 unit dan sudah bersertifikat. Adapun data jumlah kapal tersebut dapat terus bertambah secara live yang tercatat dalam database online.

Program Ditjen Hubla yaitu mengidentifikasi kapal dan nelayan seluruh Indonesia, melaksanakan sertifikasi bagi kapal dan nelayan yang belum bersertifikat, serta melakukan penindakan setelah batas waktu yang sudah ditentukan (law inforcement).

Pemerintah melalui Kemenhub RI memberikan kemudahan untuk sertifikasi pelaut atau nelayan dan kapal melalui gerai Pelayanan Terpadu Pengukuran Ulang Kapal sebagai implementasi dari UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemda yang mengamanatkan bahwa penyelenggaraan keselamatan dan keamanan pelayaran serta penyelenggaraan perlindungan lingkungan maritim dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat. (erenmcf)

Leave a Response